Wednesday, January 27, 2010

Membuat Anak Makin Cerdas

Catur Membuat Anak Makin Cerdas

Banyak orang ingin anaknya cerdas. Namun, tentu saja banyak cara menuju ke arah itu dan perlu banyak pengorbanan memperolehnya. Salah satu cara meningkatkan kecerdasan anak adalah dengan mengajarkan anak bermain catur. Sebab, dengan main catur, anak terbiasa duduk diam dalam waktu cukup lama dengan penuh konsentrasi. Daya konsentrasi itu akan berpengaruh dalam proses belajarnya.

Saat bermain catur, seorang anak jadi terbiasa berkonsentrasi memikirkan rencana selanjutnya. Akibatnya, ketika tidak sedang bermain pun, ia jadi terbiasa berkonsentrasi pada apa yang sedang dikerjakannya. Selain itu, catur juga mengajarkan apa pentingnya konsentrasi. Artinya, jika sekali saja anak Anda kurang konsentrasi sehingga melakukan langkah yang kurang tepat, permainan bisa langsung selesai karena ia kalah. Hanya anak yang fokus, sabar, dan gigihlah yang bisa mempertahankan permainan yang baik. Karakter seperti itulah yang bisa diterapkan saat bersekolah, apalagi saat menghadapi ujian.

Catur juga bisa meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Peneliti Dr. Robert Ferguson menganalisis dampak catur pada kemampuan berpikir siswa di suatu sekolah di Amerika Serikat. Para siswa kelas 5 dan 6 yang mengikuti penelitian ini sudah tercatat sebagai anak berbakat yang nilai IQ-nya di atas 130. Dari hasil dua tes yang berbeda, ia menemukan bahwa setelah bermain catur selama 60-64 jam dan belajar catur selama lebih dari 32 minggu, para siswa ini menunjukkan kemajuan yang pesat dalam berpikir kritis.

Tapi, permainan catur tidak hanya berdampak baik pada anak-anak yang berbakat. Bahkan, anak yang kecerdasannya sedang atau di bawah rata-rata pun bisa memetik manfaat dari permainan catur. Walau mereka mungkin kurang menangkap semua strategi atau penyusunan taktik dalam sebuah permainan catur, kemampuan mereka dalam mempelajari bahasa, membaca, dan berhitung, juga meningkat. Yang jelas, catur juga terbukti bisa meningkatkan IQ pada anak laki-laki dan anak perempuan. Nah, tertarik untuk mengajari anak Anda main catur?


Sumber : http://www.infobunda.com

Top 10 Popular Posts