Wednesday, November 20, 2019

4 Pilar Pendidikan Utama Anak Usia Dini

Saya mulai tertarik dengan Catur di China, karena 2 dari 8 pemain yang akan ikut kompetisi (dimana 8 pemain akan bertarung untuk menantang juara dunia, GM Magnus Carlsen) sudah dipastikan dari China, GM Ding Liren dan GM Wang Hao. Berikut kutipan dari teman Saya,

琴棋书画 : Qin2 Qi2 Shu1 Hua4, adalah 4 pilar utama pendidikan anak dari usia dini di negeri China.

琴 : Mewakili MUSIK.

棋 : Mewakili CATUR.

书 : Mewakili ILMU PENGETAHUAN (alam dan umum).

画 : Mewakili SENI.

Saat mulai genap usia 4 tahun, biasanya orangtua akan mengenalkan anak kepada 4 hal tersebut,musik, catur, pengetahuan, dan seni, si anak pasti tertarik dengan 4 hal tersebut, seiring berjalannya waktu dan beranjak dewasa, maka akan terjadi pengerucutan oleh si anak itu sendiri, ada yang fokus ke seni saja, ke catur saja, ke musik saja, dll

Dan ada juga yang tidak ingin menjadi profesional di catur,musik,ataupun seni, tapi mereka MENGAMBIL MANFAAT BAIK dari 4 pilar tersebut, dan akan digunakan & diterapkan untuk kehidupan sehari-hari.

Lalu...banyak orang bertanya kepada saya, mengapa catur begitu dihargai di China, sedangkan di Indonesia jauh sekali bila dibandingkan dengan di China?

Jawabannya adalah, ada pada 4 pilar tadi.

Saya jawab : tidak hanya catur, tapi 4 pilar tersebut, 4 pilar tersebut adalah hal yang sangat AGUNG dalam filosofi kehidupan masyarakat CHINA untuk menghadapi hari depan yang lebih baik, maka para orangtua tidak pernah sedikitpun memiliki rasa sayang atau eman dengan uang mereka demi anaknya bisa mempelajari ke 4 hal tersebut.

最佳给自己的投资就是学习 : Zui Jia Gei Zi Ji de Tou Zi Jiu Shi Xue Xi.

Itulah penekanan yang diberikan dosen saya, yang artinya : INVESTASI TERBAIK UNTUK DIRI SENDIRI ADALAH BELAJAR.

investasi terbaik adalah belajar,jadi...penekanan terbesar orang tua China untuk anak-anak mereka adalah : TIDAK ADA WARISAN BERUPA HARTA KETIKA SAYA MATI NANTI, TAPI WARISAN ITU ADALAH ILMU.

Top 10 Popular Posts